Hidroponik Sebagai Penunjang Ketahanan Pangan

By Admin

nusakini.com--Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memberikan apresiasi kepada para penggiat hidroponik yang ada di Surabaya. Adanya hidroponik tersebut turut membantu ketahanan pangan Kota Pahlawan. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Risma dalan acara minggu pertanian sekaligus Hidroponik Award, Sabtu (29/7) di Taman Surya. 

Dalam sambutannya, Walikota Risma mengatakan bahwa cuaca saat ini memasuki masa peralihan. Hal ini sedikit berpengaruh terhadap kondisi pangan. Untuk mengatasi hal tersebut, hidroponik ini merupakan salah alternatif yang dapat dilakukan dengan mudah oleh warga masyarakat.  

Pemerintah Kota Surabaya, lanjut Walikota Risma, juga telah lama menerapkan hidroponik. Di Balai Kota dan Taman Surya sendiri, beragam jenis tanaman pangan dan sayuran secara rutin telah ditanam dan dipanen. 

Walikota perempuan pertama dalam sejarah Surabaya ini menuturkan, pada awal dirinya menjabat wali kota, banyak anak muda yang sudah cuci darah. Ternyata salah satu faktornya adalah makanan yang mengandung kimia. Nah, keunggulan hidroponik ini adalah tanaman yang ditanam secara organik sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi.  

Secara ekonomi, tanaman organik sekarang banyak dicari oleh restoran dan hotel sebagai bahan menu makanan. Tentunya hal ini menjadi salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh penggiat hidroponik untuk mengembangkan usaha.  

Mengakhiri sambutannya, Walikota Risma mendorong para penggiat hidroponik untuk terus mengembangkan diri agar ketahanan pangan di Surabaya dapat terjaga dalam kondisi apapun.  

Usai memberikan sambutan, Walikota Risma berkenan untuk berkeliling dan memanen sayuran hidroponik yang dipamerkan oleh peserta.(p/ab)